Adhit’s Weblog

Just another ordinary people to share something

Pentingnya Wealth Management

Posted by adhit on May 18, 2008

dear all,
pada kesempatan kali ini saya akan mengulas “bagaimana mengelola keuangan keluarga”, meskipun saya belum punya keluarga sendiri, tetapi sy mendapatkan sedikit ilmu mengenai hal tersebut dari Wealth Management yang saya ikuti dan saya ingin menshare kepada temen2 semua..
Tidak hanya mengelola keuangan perusahaan saja yang penting, keuangan keluarga pun penting sekali untuk dikelola. Sebagai ilustrasi, seorang kepala keluarga yang memiliki gaji Rp 4 juta/bulan dan mempunyai seorang istri dengan gaji Rp 3 juta/bulan. Artinya, pendapatan perbulan keluarga tersebut Rp 7 juta/bulan atau pertahun Rp 84 juta. Untuk mengelola keuangan keluarga pastikan pendapatan tersebut sudah dikurangi dengan pajak penghasilan (PPh).
Dalam keluarga, pastinya ada pengeluaran-pengeluaran yang sifatnya rutin setiap bulan. Kita asumsikan beberapa pengeluaran yang terjadi dalam keluarga X misalnya,
1. Biaya sewa rumah Rp 1 jt
2. Pengeluaran untuk membayar cicilan mobil Rp 1,5 jt
3. Biaya transportasi keluarga Rp 400 rb
4. Pengeluaran kebutuahan rumah tangga Rp 600 rb
5. Biaya telepon, listrik, air Rp 500 rb
6. Biaya PRT, supir Rp 1jt
7. pengeluaran utk hiburan, shoping baju, rekreasi Rp 2 jt
wah, keluarga kaya rupanya hehehe,

nah, apabila pengeluaran anda sebesar yang ada diatas, maka tidak akan terjadi masalah karena pendapatan anda mampu untuk membiayai pengeluaran anda. Tapi tentu saja, keuangan keluarga anda tidak hanya untuk saat ini, tetapi juga untuk masa depan keluarga anda. Ada 2 hal penting yang perlu untuk diperhatikan :

1. Dalam menjalani kehidupan keluarga, pasti diikuti dengan adanya risiko-risiko yang mengakibatkan kerugian. Misal kecelakaan, kehilangan, kerusakan, dll. Tentu saja kita perlu uang untuk membiayai semuanya itu
2. apabila tetangga kita membeli perabot baru atau kendaraan, pasti timbul dibenak kita rasa ingin beli juga, nah rasa komsumtif kita mulai timbul. Pastinya kita ingin beli suatu entah itu pakaian, mengganti perabot lama dengan yang baru, mengganti kulkas karena sudah tidak model lagi, dan lain2. tentu saja kita perlu uang untuk mendapatkannya.

mmm, kalo dah gitu pasti deh pengen ngutang. Nah “berhutang’, merupakan kata2 yang perlu diperhatikan. Kenapa timbul adanya Hutang? karena kita butuh duit, hehehe…yup bener karena adanya ketidakseimbangan antara pendapatan dan pengeluaran yang lebih besar sehingga kita perlu dana dari luar yang dinamakan ngutang. Beberapa orang menggunakan kartu kredit untuk berhutang atau kalo utang dalam jumlah yang besar bisa menjaminkan sertifikat rumahnya kebank, ato produk2 pinjaman lainnya. hutang memang tidak salah, tetapi apakah kita perlu berhutang untuk hal2 yang sebenarnya tidak perlu. Bagus kalo bisa nyicil, lah kalo kagak….bisa dikejar2 debt collector entar, rumah disita, semua disita……. nah dari sedikit ilustrasi tersebut anda sebenarnya mengalami kehilangan control dalam pengelolaan keluarga anda.
Sedikit ilustrasi tersebut, kita melupakan apa pentingnya menabung. Dibalik itu, masih banyak kebutuhan yang harus kita pikirkan seperti kebutuhan dimasa pensiun, biaya pendidikan anak2,dan biaya-biaya yang tidak terduga ato “alokasi dana darurat”.

lalu bagaimana solusinya? kita tambah cari tambahan pendapatan!!!!! dateng ke dukun buat menggandakan uang kita, ato kerja keras supaya gaji naik 50% bahkan 100%. Apabila kedua cara tersebut berhasil, belum tentu kita berhasil mengatasi masalah anda tadi. Berpikir secara logika, apabila pendapatan kita bertambah kebanyakan orang tingkat konsumsi pasti akan bertambah, karena mereka mempunyai kapasitas lebih dan ingin mempunyai barang yang lebih mewah dari sekarang. Sehingga akan kembali kepersoalan diatas lagi. Hal tersebut normal…tetapi kita perlu juga waspada.

langkah pertama, kita mengenal “Goal Setting Priority dulu, kita harus mempunyai prioritas utama utk masa depan keluarga anda, apa itu? itu adalah menjadi seorang Miliarder. Ikut kuis “who wants to be mellioner”, itu kalo sampe ke tahap terakhir…ya gpp si. Tapi sy yakin anda pasti bisa, caranya? mulailah dari sekarang. Setidaknya pada saat anda pensiun anda memiliki dana 1 Miliar pada usia 55 tahun. Misal saat ini umur anda 25 tahun, masih ada waktu 30 tahun untuk mengumpulkan dana 1 Miliar, maka anda harus mengumpulkan dana sebesar Rp 5,5 juta/pertahun (asumsi bunga 10% pertahun) ato perbulan Rp 460.500.
Tentu saja hal ini mudah bagi anda untuk mengumpulkan Rp 460.500 perbulan untuk mendapatkan dana 1 Miliar jika anda berada pada kondisi keuangan yang tertera diatas. Dari komposisi biaya2 pengeluaran diatas, bisa mengurangi tingkat komsumsi yang dirasa tidak begitu penting disisihkan untuk menabung, misal pengeluaran untuk hiburan, shoping, dan rekreasi.

setelah membicarakan ttg prioritas jangka panjang, bagaimana jika prioritas jangka pendek ttg mendapatkan apa yang anda inginkan sekarang (jangka pendek), untuk itu anda harus memiliki prinsip “Menabunglah dulu baru belanja kemudian” jangan “belanja dulu baru menabung” karena sifat manusia yang unik lebih mudah tergoda untuk buang2 duit daripada menyimpannya dan pemikiran yang cepat untuk berubah. Apabila prinsip tersebut dilakukan maka akan berdampak positif terhadap pengelolaan keuangan keluarga anda untuk melakukan wealth accumulation.

Keseimbangan kehidupan keluarga, untuk memenuhi hal tersebut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan

  • memiliki tujuan keuagan yang jelas
  • diusahakan pendapatan lebih besar daripada pengeluaran
  • jangan biasakan memiliki utang, baik itu kartu kredit, digunakan seperlunya saja
  • memiliki alokasi dana darurat untuk beberapa periode 3-6 bulan biaya hidup
  • perlu dipikirkan kebutuhan pengeluaran biaya pendidikan anak-anak
  • persiapkan kebutuhan pensiun anda, lebih cepat lebih baik lho….mulailah dari sekarang
  • anda juga perlu mendapatkan perlindungan seperti asuransi

Nah, beberapa hal tersebut mungkin bisa membantu temen2 untuk mengelola keuangan keluarga, semoga bermanfaat.

Advertisements

3 Responses to “Pentingnya Wealth Management”

  1. bangzenk said

    tulisan yang menarik..

    coba mampir ke finance

  2. This is to be honest a Great knowledge gaining post and all thanks to google search engine get me on here. I enjoyed reading your news and added to the favorites. The points you tried to put up was clearly understandable. My mom also appreciated after reading this article. I will browse for more sooner. cya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: