Adhit’s Weblog

Just another ordinary people to share something

Menikmati “wine”

Posted by adhit on May 30, 2008

Budaya minum wine bukan lagi hanya milik orang barat, di Indonesia pun sudah merupakan gaya hidup bagi masyarakat kalangan menengah keatas. Konon ceritanya pembuatan anggur ini tidak disengaja, dimana pada waktu itu anggur disimpan secara kebetulan terfermentasi oleh yeast liar. Dinegara barat, menikmati wine sudah merupakan kegiatan sehari-hari. Ada beberapa jenis wine, antara lain Red WineRed Wine : wine yang terbuat dari anggur merah. Jenis yang populer di Indonesia adalah merlot, cabernet, sauvignon, syrah/shiraz, dan pinot noir. White wine : wine yang terbuat dari anggur putih atau anggur hijau. Beberapa jenis yang terkenal adalah chardonnay, sauvignon blanc, semillon, riesling, dan chenin blanc. Rose wine : wine berwarna merah muda karena proses ekstraksi yang lebih singkat dibandingkan red wine, Rose wine juga merupakan sebutan dari campuran red wine dan white wine. Sparkling wine : WIne yang mengandung gelembung karbon dioksida, minuman ini akrab disebut dengan champagne, padahalred wine tidak semua sparkling wine adalah champagne. penggunaan nama champagne eksklusif untuk sparkling wine yang diproduksi di desa Champagne, Prancis. Fortified wine : wine yang kadar alkoholnya lebih tinggi dari wine biasa (15%-20%). Beberapa penikmat memang mencari wine dengan kadar alkohol tinggi untuk menghangatkan badan saat musim dingin. Sweet wine : Wine ang memiliki rasa manis karena dicampur dengan gula sisa hasil fermentasi. Jenis wine ini direkomendasikan untuk orang yang baru pertama mencoba wine karena rasanya yang tidak terlalu keras walaupun memiliki kadar alkohol yang cukup tinggi.

Ada beberapa tips untuk menikmati wine, tips ini saya kutip dari majalah investor edisi Mei 2008. ada 4 tips dimana disebutkan seperti ini:

1. Swirl…… memutar gelas secara perlahan akan mengalirkan oksigen ke wine untuk menghasilkan rasa dan aroma yang terbaik. amati dengan teliti, apabila wine terlihat kental dan berdensitas, maka sudah dapat dipastikan bahwa wine tersebut memiliki kadar alkohol yang cukup tinggi. jika terlihat endapan, berarti wine tersebut sudah berumur.

2. Sniff…… pertama, hirup aroma wine sesaat setelah dituang ke dalam gelas untuk mendapatkan impresi pertama. Setelah menghirup, coba bayangkan rasa apa yang akan muncul setelah kita meminumnya. Selanjutnya, untuk mendapatkan aroma yang lebih kuat coba putar gelas perlahan (swirl) sambil sedikit menutup lubang gelas dengan tangan.

3. Slurp….. setelah satu tegukan, jangan langsung menelan wine. Aliri wine dengan udara dengan cara sedikit membuka mulut dan menarik udara seperti bernafas. Anda harusnya dapat merasakan aroma yang tadi anda cium di langkah sebelumnya. Kemudian nikmati kompleksitas rasa yang ada. Apakah ada satu macam rasa yang dominan atau semua seimbang?

4. Swallow…terakhir, telanlah perlahan-lahan dan rasakan wine tersebut ketika melintasi tenggorakan. Jika anda tengah merasakan berbagai macam wine, bukanlah hal yang tidak sopan untuk meludahkan wine tersebut.

Nah, dari empat tips diatas….bagi para pecinta wine bisa mempraktekkan. Thank you

Advertisements

13 Responses to “Menikmati “wine””

  1. agung said

    gile.. dab.. minum ne sekarang wine yah.. ck..ck.. saya malah belum pernah coba dit.. mau traktir saya :d.

  2. ossi said

    hohoho… wine itu “art” klo orang jepang minum tea pake upacara. naah wine juga ada tata cara sendiri buat minumnya.. champagne sendiri jadi lambang kesuksesan, kemewahan, eksklusifitas n romantic.. inget champagne inget bollinger.. oiya wine juga enak loh buat rendaman steak.. tp dikit aja,, dibanding vodkamartini steaknya jd lebih beraroma.

  3. irfan said

    aduh wine yaaa…. blum pernah ngerasain….

  4. niken said

    ada yang pait n nyengak gitu rasanya.haduh.:(

  5. niken said

    tapi wine bagus buat kesehatan.kata bu andang sih.peace

  6. infogue said

    Artikel di blog ini menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com
    http://kuliner.infogue.com/menikmati_wine

  7. rio said

    dhit… bole juga tuh tips nya. bakal tak praktekin ah..! tapi pake es jeruk…kira2 tetep cihuy ga ya??

  8. ridhaniar said

    niken Says:
    June 4, 2008 at 4:56 am

    tapi wine bagus buat kesehatan.kata bu andang sih.peace

    MASAK???? bermanfaat buat bersih2 sih oke.. ato buat bakar2….

  9. Nat2 said

    Wow..jadi tertarik untuk coba wine..hihi..

    untuk pemula yang paling cihuy apa ya…

    mau duuunk…

  10. Nat2 said

    Adhit…minum yukk…

  11. adhit said

    minum sweet wine aja… manis tu, aku juga belum pernah nyoba dink. hehehe

    ayuk minum….

  12. kirana said

    rasanya gmna?enakan pa klo dbndngin ma vodka?

  13. wine kan haram

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: