Adhit’s Weblog

Just another ordinary people to share something

Merokok itu enak, bagi sapa?

Posted by adhit on June 13, 2008

Merokok? sebuah kebiasaan yang buruk pastinya. Pada awalnya hanya mencoba-coba, tetapi lama-lama akan ketergantungan karena merasakan enaknya merokok. Rokok menjadi budaya bangmerokoksa Indonesia saat ini, bangun tidur, setelah makan, ngobrol, naik kendaraan, semuanya diisi dengan kegiatan merokok. Sungguh ironis melihat kondisi ini, saya melihat di kota Jogja saja sebagai contoh. Banyak ditemui para remaja sma dan smp banyak yang sudah merokok, pastinya mereka merokok secara diam-diam. Bahkan anak SD-pun sudah banyak yang mulai merokok. Pada waktu istirahat mereka pergi kewarung diluar sekolah dan nongkrong-nongkrong sambil ngerokok, begitu juga waktu pulang sekolah. Dari contoh kecil tersebut kita bisa menilai bahwa sungguh hebatnya pengaruh rokok ke masyarakat kita. Berdasarkan data dari Pusat statistik Indonesia tahun 2005, perokok pemula antara usia 5-9tahun terjadi peningkatan jumlahnya sebesar 400% selama tiga tahun (2001-2004), apalagi sekarang ya… 😦 . Menjadi keprihatinan kita juga sebagai mahasiswapun juga banyak yang masih merokok. Nah mulailah berhenti merokok, kesadaran dari masing-masing pribadi yang mempunyai peran sangat besar. Bagi para perokok dan ingin berhenti bisa buka www.stopmerokok.com atau tips saya dari pengalaman pribadi ada disini

Dari perspektif ekonomi, yang paling menikmati hasil dari penjualan rokok adalah industri rokok dan pemerintah, dari judul diatas merokok itu hanya enak bagi mereka aja. Dari APBN tahun 2006, cukai rokok menyumbangkan 5,5% atau sebesar Rp 36.1 Triliun dari total APBN sebesar Rp 647,7 Triliun. Industri rokok merupakan industri yang potensial untuk mendukung perekonomian Indonesia. Bisa diliat dari iklan-iklan yang ada di media massa yang selalu ada iklan rokok, kemudian diacara-acara olahraga justru yang menjadi sponsor Perusahaan Rokok. Sulit dibayangkan, begitu besarnya pengaruh industri rokok di Indonesia. Belum lagi target pangsa pasar rokok di Indonesia adalah para kawula muda sebanyak 3 juta orang harus menjadi perokok (sumber: www.suarapembaruan.com) .

Hidup sehat adalah bagian dari kita, itulah yang seharusnya kita terapkan. Berhenti merokok bukan suatu hal yang tidak mungkin, harus dengan kesabaran dan kuat dari godaan. Demi masa depan generasi muda Indonesia yang kian terancam. Peran pemerintah bisa dengan menaikkan cukai rokok, sehingga dengan kenaikan harga rokok diharapkan keinginan untuk merokok bisa berkurang, kalo pemerintah mau siy…masa BBM terus yang dinaikkan. Semoga bisa bermanfaat

Advertisements

8 Responses to “Merokok itu enak, bagi sapa?”

  1. bunga said

    eh dit… dulu tu ada yg pernah bilang ke aku “mo berhenti ngerokok kalo udah punya pacar”… pertanyaannya, kapan ya itu terjadi???
    wahai gadis2, selamatkan adhit sebelum dia mengalami desperado stadium akhir.. 😉

  2. herdi said

    mmmmmmm…
    gmn yah???,, gue juga sebenarnya perokok berat…
    gue pengen banget berhenti ngeroko,,tp susah boo,,
    mungkin yang laen juga kayak gitu,, pecandu seperti gue ini kayaknya bukan hal yang mustahil apabila cukai roko dinaikan akan tetep mengkonsumsi roko…roko sudah sebagai teman sejati dalam hidup gue,,
    menurut gue,, gaya hidup meroko bukan hal yang mudah untuk menghentikannya,,perlu NIAT/KOMITMENT yang kuat dari diri kita masing-masing,,..bahkan lebih sulit dari memutuskan pacar,,,

  3. mizz weed said

    hmmm,,,setuju banget klo para kawula muda berenti ngerokok.
    ga sehat loh paklek…iya toh?
    kan kasian para perokok pasif apalgi kalo disertai dengan penyakit bengek (contonya aku..hehe)

  4. wawan said

    yang gw seneng dari rokok adalah kreativitas mereka dalam beriklan.. liat aja spot mereka beriklan dalam.. bisa sampai 5 menit… trus juga dari kegiatan promosi mereka… trus industri rokok banyak menyerap banyak pekerja… masalah kesehatan kan udah terpampang tu dalam kotak rokoknya.. klo dah tau resikonya.. kita jadi berpikir untuk ngasap atau gak… so.. gak problem…

  5. fernan said

    merokok??

    mana ada itu di dalam kamusku…

    dari kecil aku dah ga suka ngliat orang yang suka merokok..

    ditambah lagi, pengalaman waktu sma aku pernah ditawari rokok sama seorang teman, dia jelaskan kenapa aku mesti merokok, tau ga dia bilang apa?? “kl merokok ntar cewe2 pada perhatian ma kita, krn mereka ga suka bau rokok,”….?????????

    bnr2 sempit pandangan kawan satu itu..

    tp syukurlah tmn itu bukan adhit, temenku satu ini memang anak sholeh dan rajin menabung…(dulu) bukan begitu mas adhit??

  6. faza said

    blog bagus

  7. yivra said

    masalahnya adalah apakah dari dalam diri kita mau berhenti merokok? kalau sudah niat dan benar2 dijalankan… nggak ada yang ga mungkin kan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: