Adhit’s Weblog

Just another ordinary people to share something

Krisis and krisis

Posted by adhit on July 2, 2008

crisisNaiknya harga minyak dunia yang menyentuh hingga level USD 138/barel membawa dampak positif bagi produsen minyak. Tetapi bagi Indonesia yang sebagai negara produsen dan pengimpor minyak tidak membawa dampak positif tetapi justru kebalikannya. Indonesia harus menerima efek negatif dari kenaikan harga minyak ditunjukkan dengan kenaikan inflasi harga pangan hingga 13%. Saat ini harga beras sudah mencapai kurang lebih Rp 5000/kg, dan harga gabah kering panen (GKP) mencapai Rp 1400/kg serta harga gabah kering giling (GKG) hampir mencapai Rp 2.200/kg. Padahal berdasarkan Inpres No. 3/2007 tentang Kebijakan Perberasan Nasioanal, harga GKP seharusnya Rp 2000/kg, GKG Rp 2575/kg, serta harga beras seharusnya Rp 4000/kg.
Daya beli masyarakat Indonesia yang rendah diakibatkan oleh adanya penerapan berbagai kebijakan ekonomi yang berhasil memiskinkan rakyat. Kenaikan harga BBM, privatisasi sektor-sektor yang menguasai hajat hidup orang banyak seperti contohnya pendidikan, kesehatan, listrik, air, dll. Kebijakan-kebijakan tersebut merupakan hasil dari konspirasi WTO, IMF, dan Bank Dunia yang telah membawa dampak yang begitu berat atas kondisi ekonomi masyarakat. Ditambah lagi dengan kenaikan harga pangan dunia yang menyebabkan krisis pangan terjadi di Indonesia memperburuk keadaan. Masyarakat semakin kesulitan mencari kebutuhan pokoknya, sehingga jumlah orang miskin di Indonesia meningkat.

Tantangan dan Dampaknya terhadap Bisnis di Indonesia akan adanya krisis politik yang terjadi. Krisis politik yang terjadi tidak bisa dihindari oleh bangsa Indonesia, terlebih lagi dengan kondisi tata pemerintahan yang masih sedemikian buruknya. Kondisi politik kita masih terpengaruh dan tergantung oleh negara asing, krisis minyak dan pangan yang terjadi akan berdampak besar terhadap sektor industri. Industri yang akan banyak terkena dampaknya adalah industri dengan ketergantungan yang tinggi terhadap energy. Kenaikan harga minyak ini menyebabkan terjadinya inflasi dimana daya beli masyarakat menurun, terutama golongan menengah kebawah. Menurunnya pertumbuhan ekonomi menyebabkan perbankan menaikkan tingkat suku bunga kredit yang menyebabkan merosotnya pendapatan di sektor riil. Masalah mengenai krisis pangan yang terjadi di Indonesia salah satunya disebabkan karena Indonesia belum memiliki kedaulatan pangan dimana Indonesia masih mudah dipengaruhi oleh kebijakan-kebijakan dari negara-negara asing. Pada saat Indonesia akan melakukan impor atau ekspor bahan pangan harus didekte dulu oleh IMF, Bank Dunia, atau negara-negara maju lainnya. Untuk menciptakan suatu kedaulatan pangan harus dimulai dari kemandirian menghasilkan kemandirian untuk menghasilkan benih local, pupuk local, dan potensi-potensi local yang ada. Akibat dari tidak memiliki kedaulatan pangan, posisi Indonesia lemah dalam diplomasi internasional, padahal potensi yang dimiliki Indonesia sangat besar sekali.Dengan kondisi yang sedang dialami oleh bangsa Indonesia ini yaitu krisi pangan dan krisis minyak merupakan tantangan bagi bangsa Indonesia untuk dapat keluar dari masalah ini. Diperlukan tata ekonomi yang kuat dimulai dari sistem ekonomi yang lebih baik. Sistem Ekonomi pancasila yang sekarang diterapkan di Indonesia merupakan sistem ekonomi yang paling baik karena mengedepankan kepentingan dan hajat hidup orang banyak, tetapi masalah terjadi pada level dipemerintahan yang sebagai pelaksana tidak menjalankan tugasnya dengan baik. Dari persoalan politik global ini dapat menjadi evaluasi bagi bangsa Indonesia bahwa persaingan yang dihadapi sungguh sangat berat.

Advertisements

3 Responses to “Krisis and krisis”

  1. sonoandthegank said

    wah did.. bertautan ni artikel ma tulisan gw yang baru.. gw setuju tu.. kita harus bisa mandiri dalam segala hal..

  2. kalo krisis gini , bisnis minyak prospek juga tuh hehehehe

  3. adhit'03 said

    itulah salah satu sebabnya minyak naik terus, udah jadi barang komoditi….sebagai Spekulan Irfan mesti pengen minyak naik kan…hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: