Adhit’s Weblog

Just another ordinary people to share something

Management Conference 2008

Posted by adhit on July 27, 2008

Acara akbar di lingkup akademia Master of Management Program se-Indonesia telah digelar di MM UGM Yogyakarta. Kesempatan kali ini sedikit mengorbankan waktu untuk paper aku pakai untuk Posting informasi seminar kemaren. Dimulai dari tugas saya sebagai LO (Liaison Officer) dan peserta. It’s start Friday, aku harus jemput tamu di bandara yaitu Bapak Martinus, MBA ketua Sekolah Tinggi Manajemen PPM dan perwakilan dari Universitas Sriwajaya. Sebagai seorang LO bertanggung jawab menemani tamu dimulai dari awal sampai di Jogja dan sampai meninggalkan Jogja…dan untungnya driver dari kampus fiuhhh. Kebetulan kita dapet fasilitas menginap gratis di wisma MM UGM, hhhmmm lumayan kan……. Supaya gak sliwar sliwer (bolak-balik.red) dari rumah ke wisma n flesksibel kalo suatu saat dibutuhkan. Okey, so far hari pertama tugas berjalan dengan lancar, tapi paginya kuharus jemput dari Universitas Padjajaran jam 3 pagi. Malem pertama (malem sabtu) terpaksa tidur jam 00.00 dikarenakan keasyikan ngobrol. Alarm aku setting bunyi jam 2.30 dengan volume maksimal…mantap bro takut gak bangun soalnya. Bisa bernapas lega, it’s worked, aku bisa bangun jam 2.30 teng. Segera ku telp driver buat nunggu di loby, dan kita akhirnya berangkat ke stasiun tugu… cukup dengan 10menit dari perjalanan kita sampe stasiun. Menurut informasi kmpus kereta datang jam 3.30,trus aku pengen mastiin kedatangan kereta ke bagian Kantor PP KA (kepanjangan Pusat Pelayanan KA, mungkin lho ya…aku ngawur soale hehe).

Aku : mas, mau tanya…… kereta lodaya dating jam berapa ya?
Masnya : (tanpa senyum dan sambil nulis) jam empat sepuluh mas
Aku : makasih mas
Masnya : ya

Begitulah percakapan singkat yang antara saya dengan masnya, karena efisiensi suara dan efekifias waktu. Haduh, masih lama rupanya ku tunggu selama satu jam-an. Menunggu adalah hal yang paling membosankan, mau minum males mana perut mules kedinginan, untung masih bisa kutahan mpe 4.10. akhirnya waktu satu jam-an aku pakai buat duduk dan melongo kanan kiri (sapa tau ada cewek cantik lewat). Akhirnya ada suara “perhatian2, kereta lodaya jurusan solo akan segera tiba di jalur 3……” wah ku harus siap2. Karena ku belum tau orangnya ku dibekali kertas bertuliskan “Management Conference MM UGM, Unviversitas Padjajaran” dan menunggu didekat Peron. Dengan penuh ketidakyakinan, ternyata ku masih punya malu hehe…. Menaruh kertas di dada, seperti tahanan aja aku ini..banyak orang liatin. Tapi anehnya kok gak ada yang manggil aku sampai penumpang gak ada yang lewat (untung gak ada paparazzi hehe). Udah malu, kecele lagi….nasib2. akhirnya ku kembali ke Kantor PP KA mau nginformasiin lewat microfon. Benernya males balik kekantor itu, ngirit2 orangnya….tapi daripada tamuku ilang nantinya lebih parah lagi entar. Ya akhirnya masnya ngumumin “Informasi2 kepada Prof. Yusuf dari Universitas Padjajaran ditunggu penjemput di dekat ATM BCA)…2x”. Bis itu ku langsung ke ATM BCA dan Alhamdulillah Prof. Yusuf sudah disitu setelah denger pengumaman tadi… akhirnya kita berkenalan dan menuju wisma dengan mata kriyep-kriyep masih ngantuk. Tadi sepenggal kisah aku sebagai LO.
Sekarang kisah tentang seminarnya, apa siy “Management Conference 2008” ini dan selanjutnya kita sebut MC’08. MC’08 ini salah satu agenda APPMI (Asosiasi Program Magister Manajemen Indonesia). Tema yang diambil adalah “Enhancing Academia and Industry Lingkages”. Apa maksudnya? Berikut sedikit pengantar yang saya dapat dari brosurnya
“Inovasi merupakan kunci bagi keberlanjutan dan pertumbuhan perusahaan dalam lingkungan bisnis global yang makin kompetitif. Perusahaan yang ingin memenangkan persaingan tidak bisa tidak harus mentransformasikan dirinya menjadi sebuah learning organization: organisasi yang orang-orang di didalamnya terus menerus belajar dalam rangka menjaga dan meningkatkan kemampuan berinovasinya. Orang-orang inilah fondasi bagi perusahaan tempat segala sesuatanya dibangun. Ibarat pohon yang tumbuh, akar-sebagai pondasi- perlu untuk terus dipupuk dan disiangi. Begitu perusahaan berkembang dan mulai berbuah, maka bibit-bibit baru pun dibutuhkan. Di sinilah dunia akademik dapat berperan. Bukan saja sebagai partner dalam proses pengembangan daya inovasi perusahaan, namun juga sebagai partner dalam menyiapkan bibit-bibit baru sumber munculnya inovasi tersebut.
Sebaliknya dunia akademik, khususnya sekolah bisnis, pun sangat membutuhkan industri. Bukan saja untuk mengembangkan ilmu dan penelitian, namun juga karena dunia bisnis merupakan tujuan utama bagi para lulusan sekolah bisnis untuk mengembangkan karir mereka. Apa yang terjadi dan dipraktikkan di industri haruslah menjadi kajian bagi sekolah bisnis. Tujuannya jelas, agar ilmu dan pengetahuan bisnis dapat senantiasa dikembangkan seiring perkembangan industri. Disamping itu agar apa yang dikembangkan itu memberikan manfaat secra langsung bagi kehidupan melalui praktik di dunia industri. Disinilah keterkaitan (linkage) dunia akademik dengan industri itu perlu dipererat dan ditingkatkan karena pada dasarnya keduanya saling membutuhkan…………”

Intinya kita pengen mempertemukan Industri dan Akademia karena dinilai selama ini masing-masing berjalan sendiri2. Apa siy yang sebenarnya di butuhkan industri, apa para lulusan dari perguruan tinggi kita ini kurang berkualitas, kalo iya kenapa gak bilang..malah buat corporate university sendiri. Nah seperti itulah gambaran tentang seminar ini. Dari semua sektor Industri akan hadir.
1. Banking Industry Perspective oleh Ir. Darmadi Sutanto (Director of Consumer Banking ABN AMRO)
2. Insurance Industry Perspective oleh Drs. Eko Budiwiyono (PresDir. PT Asuransi Jasindo)
3. Mining industry oleh Arief Harsono (CEO Samator Group)
4. Academic Perspective oleh Dr. Hargo Utomo (Direktur MM UGM) dan Prof. Djamaludin Ancok (Guru Besar fakultas Psikologi UGM dan dosen MM UGM)
5. Teleccomunication industry oleh Ir. Suryatin Setiawan (mantan Direktur Telkom)
6. Agribisnis industry oleh Ir. Amri Siregar (dirut PT Perkebunan Nusantara III)
7. Media Industry oleh Dahlan Iskan (pimpinan Jawa Pos grup)
Dari semua sektor industri memaparkan kebutuhan dan perpektifnya masing-masing akan kebutuhan lulusan yang diinginkan. Ada peserta yang bilang kalo ini hanya masalah ketidakpercayaan antara industri dan academia sehingga masing-masing berjalan sendiri2. Memang menurutku ada masalah seperti itu, sehingga itulah tugas dari academia untuk meyakinkan industri bahwa lulusan2 yang dihasilkan merupakan lulusan yang berkualitas dan siap kerja. Siap kerja? Itu lah polemic yang terjadi saat ini, tidak hanya di S1 bahkan S2 pun sering terjadi. Belum menjamin lulusan S2 bisa langsung dapet kerja dengan gaji yang besar untuk seorang fresh graduate seperti aku ini. Perusahaan tidak mau menerima saya karena less of experiences. Nah menurut pandangan saya, meskipun S2…. perlu diadakan magang atau seperti On the Job Training di suatu perusahaan kerjasama dengan kampus. Di MM UGM sendiri saya bersyukur bisa mempelajari meskipun bukan di perusahaan, tetapi di sebuah Club Mahasiswa banyak memberikan pengalaman berharga, tau bagaimana susahnya mengelola manusia, membuat keputusan, berhadapan dengan orang, bernegosiasi, bekerja dengan tekanan, dll. sedikit banyak itulah yang diinginkan perusahaan, yaitu sebuah karakter yang bisa bekerja dalam berbagai kondisi dan tekanan. Bagaimana MM di Indonesia menyikapinya dan bagaimana industri menilainya, tergantung dari kedua belah pihak.
Ada satu hal yang sangat disayangkan, kenapa kampus2 yg punya Program MM dijogja gak dateng ya….hmmm

Advertisements

4 Responses to “Management Conference 2008”

  1. niken said

    mereka gak dateng kali sibuk mikir bbm dit.hehehe.chaiyo buat proyek masa depan.yuks

  2. madzz said

    blog nya bagus sekaliiii

  3. sihno andrilaksono said

    Bagus…blog kmo Dhit…..

  4. I found your blog on google and read a few of your other posts. I just added you to my Google News Reader. Keep up the good work. Look forward to reading more from you in the future. Thank you

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: