Adhit’s Weblog

Just another ordinary people to share something

Laporan Khusus Workshop “Career & Potential Review”

Posted by adhit on August 16, 2008

Laporan khusus perjalanan kegiatan Adhit.

Acara Workshop “Career & Potential Review” pada tanggal 16 Agustus 2008 akhirnya berjalan dengan lancar dan sukses. Workshop yang berisi training mengenai simulasi psikotes, buat Curriculum Vitae (CV), teknik wawancara, dan simulasi wawancara difasilitatori oleh Tim dari Kedai Karir, Kedai Karir adalah salah satu Perusahaan konsultan karir di Jogjakarta. Mas Seto salah satu tim dari Kedai Karir telah banyak membantu kelancaran acara ini, dari mulai workshop ini dibentuk hingga berakhirnya acara ini mas Seto banyak memberi masukan kepada panitia. Thanks to mas Seto and Kedai Karir……..
Dalam workshop ini diikuti oleh 40 peserta yang mayoritas diikuti oleh mahasiswa MM UGM dan alumni. Peserta mengikuti acara ini dengan seksama dari awal sampai akhir. Pada awal acara kita melakukan psikotes untuk mengetahui kepribadian, mengukur potensi, serta nantinya akan diberikan hasil psikotes tersebut dalam bentuk laporan berikut penjelasannya. Psikotes itu mirip banget ma psikotes di tempat kerja yang selama ini ku ikuti. Bedanya kalo ikut psikotes perusahaan, kita tidak pernah tau hasil dari psikotes kita…sehingga kita gak tau kenapa kita gagal di tes itu. Nah, di workshop ini kita jadi tau hasil tesnya seperti apa, sehingga tau potensi dan kita ini orangnya seperti apa siy….. itu salah satu manfaat dari workshop ini. Sesi kedua mengenai CV, di sesi ini dibahas mengenai CV kaya apa siy yang diinginkan perusahaan, hal2 apa saja yang sebenarnya paling penting dimuat di CV, trus bagaimana mengemas CV supaya menarik sehingga perusahaan langsung tertarik waktu melihat CV kita. Logika aja, kalo perusahaan melakukan rekrutmen… pasti jumlah applicant hampir tidak sedikit atau buannyakkk banget, nah gak mungkin perusahaan ngecek satu2 CV kita secara keseluruhan tapi mereka cuma melihat point2nya saja. Nah point2 itu dijelaskan di workshop ini…itu keuntungan kedua. Disesi ketiga, jadi teknik wawancara dan simulasi wawancara. Kita tau kalo wawancara merupakan hal yang paling krusial, sedikit saja kita salah maka akibatnya fatal. Banyak hal yang dinilai perusahaan dalam melakukan interview dan kita tidak sadar akan hal itu. Misal dari hal paling simple aja yaitu sikap waktu masuk ruangan, cara duduk, kontak mata, dan kadang2 ada pertanyaan dari interviewer yang nanya hal2 yang gak diduga. Nah di workshop ini semuanya dibahas berikut simulasinya…..itu keuntungan ketiga. Keuntungan keempat yaitu konseling pribadi, dalam sesi ini kita bisa konsultasi karir kita, terserah mau tanya apaaa aja bisa. Asik kan………
Menurutku workshop ini merupakan sarana yang pas banget buat temen2 yang sedang mencari kerja dan beruntung bagi peserta yang ikut dalam acara ini. Karena acara ini diadakan setiap setahun sekali dan fenomena yang terjadi dalam dunia kerja adalah masih rendahnya softskill yang dimiliki mahasiswa saat ini, hal itulah yang perlu digali oleh para job seeker. Semua keahlian bukanlah merupakan suatu hal yang instan tetapi perlu dilatih terus menerus dan hal itu dimulai sejak awal.

Trus ku pengen bilang thanks to : Para rekan panitia workshop CPR, atas kerja kerasnya selama ini. Tanpa kalian ku gak berarti apa2……..maafkan kalo ada kesalahan.

Buat bunga, yang udah pusing koordinir ticketing…….chaiyoooo
Buat fuad, yang udah bikin desain poster, spanduk….. saking banyaknya bintang jadi bikin pusing hehehe
Buat sindu, yang udah buat acara jadi lebih hidup…… hidup acara!!!
Buat Krisna, yang udah nyiapin segala kebutuhan panitia dan peserta…….
Buat andra, konsumsinya enak lho….. sekali dayung dua-tiga pulau terlampaui….hehehe
Buat vidya, thanks atas effortnya dan sponsornya…. Jangan bosen kasih sponsor ya hehehe
Buat M. Nina, yang udah bikini surat2, capek niy tanda tangan terus……
Buat Trian, entar dibuat Financial Reportnya ya..hehe siap2 diaudit ya… 

Buat arif, thanks atas photo2nya….aku entar minta ya…….
Dan anggota2 yang lain gak bisa disebutin atu2 namanya, you are the best…I’m nothing without you…..
Buat mbak Chandra, mbak Shinta, dan Oka, yang udah bantuin kita, atas nasehat2nya and motivasi2nya…. Ojo bosen2 lho
Buat Mbak Diana dan MM UGM, atas dukungannya selama ini….maafkan kami yang selalu bikin repot hehehe. Hidup MM UGM!!!!!!!!!
Buat tim kedai Karir, thanks atas kepercayaannya kepada kita….. sampai jumpa di Workshop selanjutnya
Buat Manna Bakkery atas sponsorshipnya…..

Mungkin segitu dulu laporan khusus dari saya live dari Faculty Meeting MM UGM Yogyakarta tanggal 16 Agustus 2008 dari jam 09.00-17.00.

NB: photo2nya nyusul ya

Advertisements

2 Responses to “Laporan Khusus Workshop “Career & Potential Review””

  1. Great post. I will read your posts frequently. Added you to the RSS reader.

  2. Honey said

    http://untoong.blogspot.com/

    tukeran linknya donk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: