Adhit’s Weblog

Just another ordinary people to share something

Jalan-jalan di Jogja yuk….

Posted by adhit on November 20, 2008

tugu jogja

tugu jogja

Jogja, sebuah daerah Istimewa di pulau Jawa dengan populasi 3,343,651 jiwa (data statistik, 2005)merupakan salah kota favorit yang patut untuk dikunjungi. Jogja memiliki demografi yang unik,  kota dengan luas 3.250 hektar  tersebut memiliki peningkatan penduduk yang cukup tinggi dari tahun ke tahun. Masyarakat jogja yang terkenal ramah dan sopan menambah daya tarik tersendiri untuk menambah keramaian jogja. Slogan Kota Pelajar masih sangat melekat bagi Kota Jogja, dibuktikan dengan banyaknya siswa/i dan mahasiswa/i dari luar kota dan luar jawa yang menuntut ilmu di kota ini. Bahkan tidak sedikit warga negara asing yang juga sekolah di jogja. Selain sebagai kota pelajar, Jogja juga disebut sebagai kota budaya. Beraneka ragam budaya seperti upacara adat, kesenian, situs seni, tradisi semuanya ada di Jogja.

Mari kita kupas Jogja satu per satu…

Dimulai dari Wisata Kuliner, beraneka ragam jenis makan merupakan salah satu daya tarik tersendiri bagi kota ini. Salah satu makanan andalan kota Jogja adalah Gudeg, itulah mengapa jogja juga disebut dengan Kota Gudeg. Sentra Gudeg di Jogja ada di Wijilan (sebelah Timur alun-alun utara). Disitu banyak pilihan warung gudeg yang menyajikan menu dan siap untuk dinikmati dengan harga yang murah dan ditempat itu juga para wisatawan bisa membeli gudeg buat oleh-oleh. Selain Gudeg, ada masakan lain yang membuat ketagihan yaitu bakmi Godog (rebus) atau sering juga disebut dengan mie Jawa. Mie Jawa ini mempunyai ciri khas tersendiri yaitu dengan telor bebek dan ayam kampung menjadikan rasa bakmi ini mempunyai tempat tersendiri di hati masyarakat. Beberapa tempat yang terkenal adalah Bakmi Kadin, Bakmi Pele, Mbah Mo, dan masih banyak lagi. Perlu diketahui juga, banyaknya tempat-tempat makan di Jogja telah meningkatkan perekonomian bagi kota Jogjakarta. Kuliner sudah menjadi lapangan pekerjaan, sehingga pengangguran di kota Jogja berkurang karenanya. Selain itu juga memberikan Pendapatan bagi pemerintah Jogjakarta dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Asyiknya jalan-jalan ke Jogja salah satunya dengan berwisata kuliner

Wisata alam dan cagar budaya, Jogja sangat bangga dengan keindahan alam yang dimilikinya. Bahkan salah satu keajaiban dunia yaitu Candi Borobudur ada di Jogja (tepatnya di daerah magelang). Salah satu objek wisata alam yang menjadi favorit adalah pantai. Seperti Pantai Parangtritis, Pantai Depok, Pantai Trisik semua berada dipesisir pantai selatan Jogja. Tidak kalah juga pantai yang berada di Gunung, seperti Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Krakal, dan masih banyak lagi lainnya. Wisata pantai memang tidak ada habisnya, begitu banyak alternatif pantai yang bisa dikunjungi di Jogja. Jarak menuju pantai-pantai tersebut rata-rata mencapai 1 jam dari kota jogja, sehingga rencanakan waktu yang tepat supaya bisa terpuaskan disana. Selain pantai, Jogja memiliki objek wisata lain, yaitu Gunung Merapi (daerah Kaliurang/utara Jogja). Gunung yang masih aktif ini juga menjadi tujuan wisatawan. Daerahnya yang dingin membuat kita betah disana. Di kaliurang kita bisa menyewa vila untuk bermalam, di kaliurang kita bisa menikmati pemandangan jogja dari atas bukit. Di daerah kaliurang sendiri terdapat beberapa objek wisata seperti Telaga Putri yang ada air terjunnya, museum Ulen Sentalu, dan Kali Kuning. Setelah berwisata di daerah utara kita menuju ke daerah Barat, yaitu Borobudur. Candi yang menjadi kebanggan Indonesia, letaknya di daerah Magelang, kira-kira 1 jam dari kota Jogja. Kemudian kita menuju ke Timur, disana kita akan menemukan candi, yaitu Candi Prambanan. Candi yang berada di daerah jogja-solo itu juga memiliki nilai sejarah yang tinggi. Salah satu yang menarik di candi prambanan yaitu sendratari Ramayana yang diadakan pada waktu malam hari pada hari-hari  tertentu (infonya bisa diliat di www.yogyes.com).

Setelah berpetualang di semua penjuru kota Jogja, “asyiknya jalan-jalan di Jogja” kurang seru kalo tidak tahu isi kota Jogja. Malioboro, Jantungnya kota jogja ini sangat ramai dikunjungi. Malioboro merupakan kawasan belanja kota Jogja. Di sini begitu banyak suguhan berupa pertokoan, rumah makan, pusat belanja, dan bukan malioboro namanya kalo tidak ada pedagang kaki limanya. Berbagai merek terkenal bisa didapatkan didaerah ini dan bisa memperoleh oleh-oleh dengan harga yang sangat ekonomis. Malioboro sangat menarik dikunjungi pada waktu malam hari. Pada malam hari akan dijumpai lesehan yang berjualan makanan, pecel lele. Disitu anda bisa menikmati makanan Jogja lainnya setelah capeknya berbelanja. Kemudian menuju Alun-alun, di Jogja ada 2 alun-alun yaitu alun-alun utara dan alun-alun selatan. Alun-alun utara sering digunakan untuk acara sekaten, yaitu pesta rakyatnya Jogja. Dimana pada saat sekaten hampir seluruh masyarakat jogja datang ke acara tersebut karena disitu akan disuguhi berbagai macam atraksi dan anekaragam makanan. Di alun-alun selatan bisa ditemui hal yang menarik yaitu misteri pohon beringin. Konon katanya, hanya orang yang berhati bersih yang bisa melewati jalan diantara dua pohon beringin dengan mata tertutup. Percaya gak percaya silahkan dicoba. Salah satu keunikan dari Jogja, kalo diliat dari udara antara Gunung Merapi, Tugu Jogja, Malioboro, dan Keraton adalah merupakan suatu Garis Lurus. Kota Jogja sungguh kota yang menakjubkan.

Hari minggu bukan saatnya untuk bermalas-malasan dirumah, olahraga merupakan aktifitas yang tepat. Orang-orang Jogja menyebutnya sebagai Sunday Morning. Berlokasi di sekitar Graha Shaba Permana UGM, masyarakat Jogja melakukan jogging dan olahraga ringan lainnya disitu. Selain untuk olahraga, dilokasi tersebut juga dijadikan aktifitas bisnis bagi pedagang kaki lima dan warung-warung tenda untuk meramaikan acara Sunday Morning. Begitu banyak pedagang dengan anekaragam barang yang dijual dengan harga yang relatif murah. Warung-warung tenda yang siap dengan sajian lontong opor, nasi kuning, nasi opor bisa mengobati rasa lapar kita setelah berolahraga. Selain makanan dan pedagang, tidak lengkap tanpa adanya suara musik. Disaat kita sedang menikmati sarapan pagi di tenda, pasti akan datang para pengamen yang biasanya para mahasiswa dengan kreatifitas yang dibawakannya untuk menghibur para pengunjung disitu. Para mahasiswa mengamen bukan untuk mencari uang, tetapi mereka ingin mengeksplor kreatifitas mereka dan keberanian mereka didepan umum dengan cara menghibur. Kegiatan positif yang dilakukan mahasiswa tersebut tidak ada salahnya dicoba. Pusat keramaian pada tiap minggu pagi ada di UGM dan dapat menjadi alternatif jalan-jalan di Jogja.

Berbicara mengenai Jogja, Jogja tidak kalah modern dengan kota-kota lainnya. Dari segi IT, internet bukanlah hal yang langka lagi untuk ditemui,  hot spot sudah ada hampir disemua tempat, disetiap restoran, kafe, tempat umum lainnya difasilitasi dengan hot spot. Hal tersebut karena Internet Service Provider juga sudah menjamur di Jogja, hampir tiap rumah sudah di fasilitasi dengan internet.Sehingga komunikasi tidak menjadi masalah yang berarti. Selain itu kita juga memiliki radio yang bisa didengar di seluruh dunia . Lewat www.jogjastreamers.com kita bisa mendengarkan radio-radio jogja dari luar jogja bahkan luar negeri.  Dari segi pelayanan umum, pemerintah sudah menyediakan layanan yang terbaik bagi masyarakat. Seperti Jogja Trans, alat transportasi kebanggaan masyarakat Jogja. Hal tersebut untuk mendukung masyarakat supaya bisa menikmati kota Berhati Nyaman ini.

Menulis tentang Jogja memang tidak ada habisnya, semua objek wisata baik alam, pantai, candi, dan sumber daya yang dimiliki kota Jogja wajib kita pelihara dan lestarikan dengan sebaik-baiknya. Sehingga kita akan bisa merasakan “Asyiknya jalan-jalan di Jogja”.


Advertisements

31 Responses to “Jalan-jalan di Jogja yuk….”

  1. ferumx said

    memang jogja ngga ada matinya. aq da 3 kali kesana. paling senang di malioboro, pengen sekali nikmati malam minggu di malioboro.

  2. wahyu said

    hallo… om adhit…
    bagus juga ringkasan review ttg jalan2 dijogjanya.. oya aku tertarik nih dengan kuliner mie jawanya, lokasi dari Bakmi Kadin, Bakmi Pele, Mbah Mo dimana ya om.. kapan2 kita mampir sana yuk… dulu waktu kuliah, saya dan temen2 sering nongkrong di teh pocian kali code,tiap malam rame tuh disana sampai harus rebutan tempat hanya utk nongkrong aja hehehehe….pernah kesana belum om? oya pernah sih ada sodaraku datang ke jogja trus tanya oleh2 atau souvenir khas dari jogja apa ya… nah mungkin om adhit bisa beri saran oleh2 atau souvenir yg unik dari jogja apa ya om?
    makasih…

  3. susi said

    waaa.. gw juga suka bnagte liburan di jogya. salam kenal adit..

  4. imsuryawan said

    jadi pengen ke sana…

  5. niken said

    “dulu waktu kuliah, saya dan temen2 sering nongkrong di teh pocian kali code,tiap malam rame tuh disana sampai harus rebutan tempat hanya utk nongkrong aja”wahyu said bo..

    iya yu jadi kangen ma teman2 kuliah.sehabis brevet pajak kita sering ngumpul disitu.huiks.jogja emang gak ada matinya.kenangan terindah waktu kuliah bareng ma teman2 dijogja.huaaaa.jogja is the best.uhuii

  6. wahyu said

    hehehe….niken…sebelum teh pocian, makan bakso dulu kita…baru nongkrong di teh poci hehehehe….padahal udah bawa roti brevet sampai 2 dus kan… hayo … hehehehe…kabar temen2 gimana ya…kangen ma mereka semua nih…

    selain slogannya jogja never ending asia, ada juga slogan lain… jogja never die… dan jogja never ending love… hehehehe….

    mungkin ada yang mau tambah slogan lain…..

  7. adhit said

    semboyan lain Jogja i’m in love, Jogja my love, Jogja-solo hehehe naik pramex aja klo gitu

    tahun baru,enaknya nongkrong dimana ya?

  8. wahyu said

    Jogja-Jakarta naik Taksaka…
    iya om tahun baru buat acara ndak?

  9. adhit said

    kudunya buat om, ada rencana mau kemana?

  10. wahyu said

    emmm….belum ada ide je om…
    piye yo?

  11. Locky said

    mo tanya neh,
    tau kursus Brevet pajak dmn gak?
    lagi nyari tapi gak ktemu2 neh..

    • adhit said

      tau, di FEB UGM ada, di STIE YKPN Jogja juga ada. Kalo di FEB UGM ada dilantai 2 sayap barat kalo gak salah, trus kalo di STIE YKPN ada di basement gedung pusat di ruang IAI. semoga berhasil…..

  12. asalamualaikum nak Adhit,
    rencana mu tentang Jogja sangat menarek hati ibu yang kebetulan akan melancong beberapa hari disana .Bisakah nak Adhit menjadi pemandu pelancung?

  13. rizma said

    Hmm… jogja..
    uda lama bgt sejak tour sma kelas 2 terakhir kali kesana.
    pengen someday back again k jogja 🙂

  14. alfi said

    jogja, never ending asiknya… hehehe… daku kira” seminggu sekali lah ke jogja

  15. adhit said

    waaa selamat datang di Jogja……. tahun baru ini jogja padet banget

  16. bima said

    Jogja itu…………….
    kota pemalu, tapi mau.. . . . . .

  17. adhit said

    wahh punya penglaman seru ni keliatannya di jogja.. 🙂

  18. iadityoz said

    Setuju mas Adhit, Yogyakarta memang menyimpan sejuta rahasia, kota yang dijuluki kota pelajar dan kebudayaan ini memiliki sejarah yang panjang dari setiap karyanya. Mulai dari candi prambanan peninggalan hindu-jawa, sampai mesjid Agung di alun-alun keraton. Pakem-pakem yang ada pada setiap motif batik jogja juga punya ceritanya sendiri. Atau gerabah kasongan yang sudah terkenal sampai mancanegara juga berada di jogjakarta. Atau hanya sekedar bersenda gurau bersama teman seperjuangan, sambil menikmati jalan-jalan yang ada. Nikmatilah senyum eksotis jogjakarta dalam segala kesederhanaannya.

  19. Rangga Wijaya said

    jogja telah mencuri hati ku, wuaah jogja i misss uuu……. ntar pensiun tinggal di kaliurang aja akhhh

  20. noko said

    Jogja …….. ra biso diungkapke nganggo ukoro

  21. Sigit purwanto said

    Kul0 bangga dad0s tiang j0gja mZ.

  22. Sigit purwanto said

    Tp 9uwe Smntr krja di xmntan_Pgen Dech rasax Blex ke j0gja

  23. Sigit purwanto said

    Tp 9uwe Smntr krja di xmntan_Pgen Dech rasax Blex ke j0gja.
    Slam kenal y0 mZ.

  24. Sigit purwanto said

    I Love jOgja,Liburan sebulan G terasa_Pengen Pulkam Lagi,huhuhuhu…….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: