Adhit’s Weblog

Just another ordinary people to share something

BI rate turun lagi…

Posted by adhit on March 9, 2009

Krisis financial yang melanda Indonesia sudah semakin terasa dampaknya pada trimester awal tahun 2009. Pertumbuhan ekonomi yang melemah disebabkan karena kondisi keuangan global yang lemah memberikan sentimen negatif kepada perekonomian Indonesia, perusahaan-perusahaan mengalami kerugian, ekspor menurun, dan sektor riil juga ikut terpuruk. Pertumbuhan ekonomi ditargetkan hanya tumbuh sekitar 4%, itupun oleh para pengamat ekonomi masih ragu apakah kita mampu mencapai angka tersebut. Dinegara-negara berkembang lainnya bahkan memperkirakan pertumbuhan ekonomi bisa mencapai angka negatif.
Pemerintah Indonesia sudah beberapa kali mengambil kebijakan untuk tetap bertahan dalam menghadapi krisis ini. Pada tahun Oktober 2008, BI menaikkan tingkat suku bunga acuannya menjadi 9.50% kebijakan tersebut diambil karena pada waktu itu kondisi perbankan sedang terpuruk, dipengaruhi oleh bangkrutnya beberapa bank-bank besar di Amerika Serikat. Kondisi tersebut berefek domino ke perekonomian Indonesia. Bahkan, pasar modal mengalami penurunan yang sangat tajam dan sempat mensuspend salah satu emitennya. Kebijakan buy back saham juga dilakukan untuk mempertahankan pasar modal Indonesia. BI benar-benar mengalami tantangan yang berat pada akhir quartal 2008 hingga saat ini. Saat ini pemerintah telah menurunkan BI rate menjadi 7.25% (turun 50 bsp dari 7.75% pada februari 2009). Kebijakan ini diambil melihat perekonomian yang semakin memburuk. Ekspor kita menurun sehingga neraca perdagangan akan mengalami defisit, indikator tersebut berakibat kepada sektor mikro dan makro. Pengusaha tidak bergairah karena tingkat suku bunga kredit yang cukup tinggi ditambah lagi kurs dollar yang masih berada dilevel yang cukup tinggi sehingga menjadi salah satu pertimbangan dalam penurunan suku bunga acuan. Penurunan BI rate ini tidak secara langsung berpengaruh terhadap Bank untuk menurun tingkat suku bunganya. Persaingan antar bank untuk memberikan tingkat suku bunga tabungan yang tinggi untuk menarik dana pihak ketiga (DPK) masih merupakan prioritas utama, sehingga bank akan butuh waktu untuk menyesuaikan tingkat suku bunganya. Tetapi penurunan BI rate ini akan membawa dampak yang positif terhadap sektor mikro dan makro. Turunnya suku bunga ini akan menurunkan tingkat suku bunga kredit pula sehingga dunia usaha akan lebih bergairah lagi untuk melakukan aktifitas Bisnis dan investasinya. Tetapi disamping itu, bank juga harus lebih hati-hati dan selektif dalam memberikan kredit jangan sampe menyebabkan NPL bank menjadi tinggi. Keuntungan lain diperoleh pada bursa saham Indonesia. Sentimen positif terjadi pada para investor, bursa pada penurunan BI rate itu menaikkan indeks harga saham gabungan waktu itu. Diharapkan dalam jangka panjang, bursa saham semakin bergairah akan adanya kebijakan ini.

Advertisements

4 Responses to “BI rate turun lagi…”

  1. Aprillia nila said

    thank’z y blogna b’guna bngetz deh bwt bikin tgz

  2. angga said

    mas adhit, PM waktu itu ga cm mensuspend 1 emiten aja (setauku sih), itu adalah saham2x bakrie yg disuspend.

    Kenapa pd saat bulan okt BI rate malah naik. Padahal banyak bank sentral dunia yg menurunkan bunganya untuk meredam krisis global???

  3. adhit said

    iya mas angga benar sekali, salah satu itu maksud sy BUMI dan saham2 bakrie lainnya.
    memang pada saat itu negara2 lain memutuskan untuk menurunkan suku bunganya tetapi justru Indonesia menaikkan suku bunganya. kenapa demikian, pada waktu itu pasar modal mengalami keterpurukan diliat dari indeks kita yang turun drastis dan penurunan harga saham hingga mencapai 50% lebih. Untuk mengimbangi hal tersebut diperlukan suatu investasi lain yang lebih aman supaya perekonomian terjaga, salah satu ya dengan menaikkan sku bunga. Dengan menaikkan suku bunga, investor akan beralih ke perbankan karena mampu memberikan return yang lebih pasti dan lebih aman. nah disitulah perekonomian bisa terjaga, jadi salah satu anjlok ada sarana investasi lain yang bisa diandalkan.

  4. angga said

    Wokeee …..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: