Adhit’s Weblog

Just another ordinary people to share something

Jogja lahan bisnis

Posted by adhit on April 12, 2009

Suatu ketika dalam dunia maya saya berbincang-bincang dengan kawan lama yang sampai sekarang masih membujang dan banyak anak *lohhh*, Wawan namanya. Dari bincang2 itu dia meminta saya untuk menulis tentang bisnis dijogja, bagaimana memulainya, prospeknya, modal awal, dan macam2. dalam kolom ini, saya akan sedikit sharing2 aja mengenai cerita2 bisnis baik dari segi orangnya maupun bisnisnya.
Jogja…sebuah kota yang gak pernah mati, selalu ramai setiap waktu. Peluang bisnis di jogja cukup menjanjikan, dilihat dari market dan tingkat konsumsi masyarakat jogja yang cukup tinggi merupakan ladang uang bagi para pelaku bisnis. Orang menjual sambal aja bisa buat beli mobil tiap bulannya. Seorang mahasiswa mempunyai bisnis no.HP sudah bisa mempunyai penghasilan tetap diatas rata2. Potensi bisnis dijogja masih banyak, dan itu perlu digali dan dikembangkan. wah kalo anda kreatif dan seorang yang berjiwa entreprenaur akan jadi seorang yg sukses.
Pernah suatu saat, saya dikenalkan dengan seorang pebisnis mobil dijogja. kemudian dibercakap2 dengan saya, kurang lebih demikian :

dia : mas, kenapa gak bisnis aja?
aq : iya mas, ntar belum kepikiran mo bisnis apa, masih cari2 kerja dulu, agak takut juga si mas mulai bisnis, takut mas… hehe *cengengesan ala adhit*
dia : apa??? takut?? wah berarti anda gak bisa kaya mas *tampang serius*
aq : hahhh *kaget kok ditanggepin serius*
dia : iya mas, kunci memulai bisnis itu kudu berani mas ama risiko, kalo rugi ya pasti masa untung terus
aq : bener mas, setuju itu..benernya bukan maksudnya saya takut ama risiko, cuma kemauan itu belum ada
dia : tau gak mas, dulu saya nekad menggadaikan bpkb mobil ayah saya untuk saya jadikan modal awal. beli mobil trus saya jual, lumayan mas untungnya, pokoknya duit itu kudu muter terus. trus liat dalam waktu krang lebih 3 tahun saya sudah bisa punya mobil sendiri.
aq : gila mas, nekad bener gadaikan bpkb. *kalo aq dah digorok ma babe tuu*.
dia : emang mas, kalo gak gitu saya gak dapet modal. tapi gpp itu kan awalnya, sekarang liat hasilnya. Saya bangga dengan keadaan saya sekarang, meski gak kerja dikantoran. saya bebas mo kemana aja tiap waktu dan dapet penghasilan tiap bulan, sekarng saya ekspansi kebisnis minuman juice, lumayan mas, sy sudah bisa mengurangi pengangguran dijogja, coba liat ni mas CV yang apply kesaya….
aq : wah hebat kmu mas, high risk high return emang, *pas liat CVnya* busetttt, ni apply disini mas? anak2 dengan pengalaman kerja dan akademik yang bagus
dia : iya mas, serius….
( long conversation, dst)………….

dimulai dari jual beli mobil, kemudian ekspansi ke bisnis minuman dengan gerai dimana2 merupakan bisnis yang sudah cukup menjanjikan. itu hanya satu contoh saja. Ada temen saya mempunyai bisnis no. handphone, dia mengkoleksi nomer2 cantik kemudian menjualnya kembali, setiap nomor yang dijual dia bisa untuk hingga 1 juta, apabila kita mampu perilaku orang kaya dijogja, tau apa yang mereka inginkan dan mereka berani bayar mahal untuk itu meski itu suatu hal yang sederhana. Kemauan untuk memulai bisnis emang lumayan berat, palagi gak ada modal. Tapi disitu mental kita diuji, awal2 bisnis memerlukan pengorbanan yang sangat berat, perhatikanlah seorang entreprenour sukses, Bob Sadino. Beliau awalnya jualan telur asin keliling tapi sekarang woww. Dimulai dari hal yang paling kecil, kerja keras, sabar, komitmen, motivasi, akan membuat networking yang kuat dari situ bisnis kita mulai berkembang. Dalam berbisnis pasti seperti roda berputar, kadang ada diatas kadang ada dibawah. Mental, kegigihan, dan konsistensi kita diuji saat ada dibawah. Pada saat diatas pun kita sebenarnya di uji tapi dalam situasi yang lain. Seperti keglamouran, wanita, dan kesenangan lainnya.
JOgja dengan demografi yang mendukung, mayoritas mahasiswa, merupakan konsumen yang sangat potensial. saat ini sedang menjamur bisnis lapangan futsal. Lahan atau fasilitas olahraga dijogja semakin sempit, kalo ada pun itu lapangan outdoor dan tidak praktis. memenuhi kebutuhan (need) merupakan salah satu kunci kesuksesan, kebutuhan pelanggan kita penuhi dan mereka puas, pasti mereka akan kembali lagi. Saat ini lapangan futsal, mungkin suatu saat akan menjamur lapangan basket indoor, kalo kita liat dimana kita bisa menemui lapangan basket dijogja, masih sedikit sekali lapangan basket dijogja. Atau dijogja ini setahu saya belum ada minuman yang khusus menyediakan yoghurt, coba tengok ke Bandung ada tempat katakanlah semacam kafe yang menunya yoghurt dan rame dikunjungi. Dengan konsep yang mendukung pasti akan laris dikunjungi.
Salah satu daerah yang menjadi kotanya Jogja yaitu didaerah Seturan, babarsari. Lahan bisnis ada disana, silahkan kalo tertarik mempunyai ide bisnis kemudian ingin mengembangkannya, saya recomendasikan daerah seturan dan sekitarnya, meskipun masih banyak lahan yang masih bagus untuk digarap.
Sekian dulu, minta saran dan kritiknya, karena saya yakin tulisan ini masih banyak kekurangannya. terima kasih

SEO Support : Microsoft Word Free Download

Advertisements

9 Responses to “Jogja lahan bisnis”

  1. pakhanung said

    silaturrahmi

  2. wawan said

    bener tu dit.. semua di mulai dari niat.. dan harus berani ambil resiko.. selain itu juga kudu jeli ngeliat peluang yang ada.. menarik untuk disimak tulisannya.. he..he..

  3. Angga said

    NIce info dit.

    kalau mau usaha itu memang harus berani ambil risiko dan berani hadapi risiko serta harus mampu menjawab tantangan yang ada.

    Usaha di saat awal sangat berat tekanannya, baik fisik & mental. Mempertahankannya juga sulit. Untuk sukses, semua harus dilalui dengan proses belajar terus menerus, belajar dari kesalahan dan pengalaman. Dalam usaha paling tidak kita harus menyukai pekerjaan / usaha kita. Klo nggak yah goodbye deh.

    Menjalani bisnis yang sedang menjamur sama saja kita berenang di red ocean. Penuh perjuangan berdarah-darah untuk sukses. Menjalani bisnis yg seperti ini sama saja dengan menjadi follower. Tapi kalau memang punya kemampuan & kekuatan, it’s OK. You can success in red ocean with the great or unique power (unique power bisa berasal dari differensiasi).

    Menjalani bisnis yang baru / unik bisa menjadi sukses besar. ini tergantung dari market neednya. Menjadi pionir kalau nggak bisa mengenalkan produknya (menciptakan market) atau nggak ada market neednya sama aja bunuh diri. Jadi yang paling penting disini adalah melihat kebutuhan konsumen.

    Cari duit nggak ada yang gampang, semua perlu kemauan, proses belajar, kerjakeras dan pantang menyerah.

    BTW, request backlink dari blog yg ber PR 2 ini donk, hehehe. Commentnya nggak dofollow jadi nggak dapet backlink deh. Klo comment di blogku otomatis dapet backlink (u comment I follow)

  4. dilema juga pas baca kalimat yang: “Saya bangga dengan keadaan saya sekarang, meski gak kerja dikantoran. saya bebas mo kemana aja tiap waktu dan dapet penghasilan tiap bulan”

    nekat yo nekat!
    mari kita ikut meramaikan kumpulan para enterpreneur yang pada nekat!
    hajar!!!

  5. saifuddin said

    bagus tuh,bisa jadi masukan.
    tpi emang berat buat memulai nya

  6. boy13 said

    di joga udh ada kafe yg menyediakan minuman khusus youghurt…tepatnya di selokan mataram

  7. YUNANTO said

    sepakat!!! walaupun jogja kota yang mempunyai kepadatan bisnis paling besar, tapi tetap ada lahan buat kita smua…

  8. Hello just thought i would tell you something.. This is twice now i’ve landed on your blog in the last 3 days hunting for totally unrelated things. Spooky or what?

    • adhit said

      hello, hhmmmmm I don’t what happened to you, In this article I write about business prospect. Maybe your subject identict with my topic. Thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: