Adhit’s Weblog

Just another ordinary people to share something

Risk Management

Posted by adhit on June 14, 2009

Risiko merupakan suatu kejadian yang menyebabkan kerugian, bisa juga dikatakan suatu hasil (outcome) yang buruk, atau bisa juga peristiwa yang tidak diharapkan terjadi. Dalam aktifitas sehari-hari maupun aktifitas dalam suatu perusahaan tidak lepas dari risiko. Risiko dan return merupakan suatu yang inherent, dimana ada return pasti ada risikonya. Dalam suatu aktifitas bisnis, sering kita temui peluang emas dimana peluang itu akan memberikan return atau keuntungan yang besar tapi tidak terlepas dari itu terdapat risiko yang besar pula. Seperti yang harus kita ketahui bahwa risiko tidak bisa dihilangkan, tetapi hanya bisa kita minimalisir (mitigasi).
ada 4 jenis mitigasi risiko :
1. Accept the risk, tipe risiko ini merupakan risiko yang dapat kita terima karena dampaknya rendah. Dalam aplikasi bisnis risiko ini bisa diterima karena cost yang terjadi lebih kecil dari manfaat yang kita terima.
2. Transfer the risk, risiko ini bisa di mitigasi dengan cara mengalihkan risiko tersebut kepada pihak lain. Contohnya adalah kita mengasuransikan kendaraan misalnya kepada pihak asuransi.
3. Reduce the risk, risiko yang kita tahu akan terjadi kemudian bisa kita minimalkan, misalnya dengan training, pemberian limit, pengetatan peraturan atau prosedur.
4. Avoid the risk, risiko yang timbul memberikan dampak yang sangat besar kepada individu atau perusahaan sehingga risiko ini harus kita cegah, misal risiko kebangkrutan suatu perusahaan.

Dari mitigasi risiko yang disebutkan diatas merupakan pengklasifikasian jenis-jenis risiko yang akan terjadi, pada level mana risiko tersebut bisa kita terima atau cegah, sehingga risiko tersebut tidak memberikan dampak (kerugian) yang besar terhadap perusahaan. Disinilah managemen risiko adalah penting bagi bisnis. Dengan mengelola risiko dengan baik maka perusahaan tersebut mampu untuk survive dan going concern.

Proses manajemen risiko yang dilakukan dimulai dari proses identifikasi, pengukuran, pemantauan, dan pengendalian.
Pertama kita identifikasi dulu jenis risiko apa yang akan terjadi, kemudian konsekuensi apa yang bisa timbul apa risiko tersebut terjadi. Kedua, kita lakukan pengukuran apakah risiko ini akan berdampak terhadap perusahaan secara keseluruhan atau dalam unit saja dan berapa kira-kira dampak atau kerugian yang ditimbulkan atas risiko tersebut. Ketiga pemantauan selama aktifitas tersebut telah dijalankan dilihat dari kegiatan operasional seberapa besar penyimpangan yang terjadi dengan yang kita harapkan sebelumnya. Keempat, melakukan pengendalian dengan kebijakan yang berlaku sehingga batasan-batasan kesalahan dapat diketahui.

Dengan sedikit informasi diatas diharapkan kita mampu bersahabat dengan risiko sehingga kita bisa mengenali risiko tersebut dan mengelolanya dengan baik.

SEO  support :  Download Windows 7 theme for XP

Advertisements

2 Responses to “Risk Management”

  1. lidya said

    Resiko pasti kita hadapi, satu-satunya jalan adalah memahami ciri-ciri dan karakteristik dari resiko itu, jadi kita bisa lebih waspada dan tidak mengalami kerugian besar dari resiko itu.

    PS: dah mulai belajra dhit? lanjutkan ke control n audit… ayo tancap gas 😛

    best,
    LW

  2. angga said

    Mampir bro.. nice article

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: