Adhit’s Weblog

Just another ordinary people to share something

Harga Transfer (Fund Transfer Pricing)

Posted by adhit on March 6, 2010

Pernah mendengar istilah Fund Transfer Pricing (FTP)?? FTP merupakan suatu mekanisme untuk menentukan suatu harga transfer atas  suatu unit tertentu. Dalam dunia perbankan, unit yang terkait adalah Funding dan Lending. Funding merupakan suatu aktifitas bank dalam mendapatkan sumber dana dari pihak ketiga, yaitu dalam bentuk Giro, Tabungan, dan Deposito. Sedangkan, Lending merupakan aktifitas bank dalam menyalurkan dana kepada masyarakat dalam bentuk pinjaman, seperti Modal Kerja, Kredit Perumahan, dan pinjaman lainnya. 2 unit tersebut saling berhubungan dan merupakan siklus dana dari perbankan. Apa kaitannya dengan FTP?, FTP merupakan mekanisme didalam manajemen dan berada ditengah-tengah antara Funding dan Lending, FTP dikelola oleh Asset Liability Management (ALMA)  yaitu suatu bagian terkait yang mengelola asset dan hutang dalam sebuah perusahaan. Apabila hutang terlalu kecil, tidak terlalu bagus karena dana yang disalurkan kepada masyarakat juga akan kecil sehingga akan mempengaruhi pendapatan bunga. Sehingga dalam hal ini penentuan pricing dalam melakukan strategi penjualan ditentukan oleh ALMA.

Bentuk dari FTP adalah persentase, rate-nya ditentukan oleh ALMA. ALMA telah menentukan tingkat harga melalui FTP tersebut, tetapi itu belum net. Masih ada komponen lain supaya FTP bisa net, yaitu Statutory Reserve (GWM) dan Liquidity Premium. FTP rate + Liquidity Premium – Statury Reserve merupakan FTP yang sudah net atau biasa disebut dengan Credit for Fund (CFF) untuk unit Funding, dan Cost of Fund (COF) untuk unit Lending.  CFF merupakan suatu pricing yang kita berikan kepada customer atas dana yang disalurkannya untuk kita kelola dalam bentuk Interest. Sedangkan COF merupakan suatu interest expense yang harus kita keluarkan atas penyalurkan dana kepada masyarakat.Sehingga dapat di simpulkan kurang lebih adalah didalam sebuah perusahaan terdapat aksi jual beli antar unit dan unit tersebut mempunyai profit atas aksinya, hal itu diimplementasikan supaya kinerja dr unit2 tersebut selalu naik karena termotivasi untuk memiliki profit yang besar. itulah yang dinamakan FTP.

tulisan ini memiliki banyak keterbatasan, apabila terdapat kritik, saran, dan ingin berdiskusi lebih jauh lagi. silahkan berkomentar.

Terima kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: