Adhit’s Weblog

Just another ordinary people to share something

Negara terkorup

Posted by adhit on March 8, 2010

Membaca artikel di www.detik.finance.com , sungguh miris rasanya bahwa Indonesia merupakan negara terkorup di Asia Pasifik. Survey dari Hong Kong-Based Political and Economic Risk Consultancy Ltd. menyebutkan bahwa Indonesia menjadi negara terkorup setelah Kamboja di kawasan Asia Pasifik.  Menanggapi hal itu, paradigma tersebut memang sudah diakui oleh negara-negara lain dan bahkan masyarakat kita sendiri pun mengakuinya. Dalam organisasi paling kecil pun budaya korupsi sering terjadi. Uang bagai Tuhan yang menguasai segala, yang Kaya lah yang berkuasa. Persepsi itu kira-kira yang menyebabkan orang rela untuk melakukan tindak korupsi kemudian adanya supply dan demand. Sudah merupakan penyakit yang susah untuk disembuhkan, karena sudah mengakar. Seperti dalam artikel tersebut, dampak yang dapat terjadi adalah ketidakpercayaan negara lain terhadap kita, terutama perekonomian. Investor akan berpikir lebih dari 2 kali untuk berinvestasi disini.

Salah satu yang bisa kita lakukan untuk mengurangi budaya korupsi adalah bagaimana kita mendidik generasi muda supaya bersikap jujur dan berani untuk berkata tidak akan ketidak benaran. Saat ini masyarakat kita sudah dalam proses menuju itu. Tidak ada di dunia ini yang tidak mungkin kecuali kita tidak mungkin untuk menghindari kiamat.

Melalui sedikit patah kalimat ini, saya cuma berharap. Marilah kita untuk berusaha jujur meskipun kadang jujur itu menyakitkan.

RI Negara Terkorup di Asia Pasifik
Ramdhania El Hida – detikFinance

Jakarta – Berdasarkan hasil survey Hong Kong-based Political & Economic Risk Consultancy Ltd, Indonesia menjadi negara terkorup setelah Kamboja di Kawasan Asia-Pasifik. Menanggapi hal tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan pemerintah berkomitmen untuk memperbaiki reputasi.

Tidak hanya reputasi saja, Sri Mulyani mengatakan pemerintah berusaha meningkatkan kinerja dan mengisi berbagai pemberitaan yang positif terhadap reformasi dan integritas.

“Memperbaiki reputasi dan kinerja bukan pekerjaan yang mudah, kita tetap komitmen untuk mengisi dengan berita-berita yang positif terhadap reformasi dan komitmen integritas,” ujarnya saat konferensi pers di Gedung Kementerian Keuangan, Jalan Wahidin, Jakarta, Senin (8/3/2010).

Namun, Sri Mulyani tegaskan komitmen ini harus didukung oleh semua pihak, termasuk lembaga yudikatif dan legislatif. “Perlu didukung semua kementerian lembaga dan lembaga yudikatif, dan legislatif,” harapnya.

Sebelumnya diberitakan oleh Bloomberg, Indonesia mengambil alih posisi Kamboja sebaga negara terkoprup di Asia Pasifik. Ini dilihat dari mata para pebisnis. Dengan persepsi ini maka Indonesia akan lebih sulit menarik investasi dari luar negeri.

Persepsi ini juga dikhawatirkan aken menjatuhkan rating atau peringkat Indonesia. Apalagi korupsi di Indonesia sangat kental nuansa politik dibandingkan dengan negara lain di kawasan.

Hasil kajian ini juga mengatakan, keputusan yang diambil DPR berkaitan dengan kasus Bank Century yang mengkriminalkan Wakil Presiden dan Menteri Keuangan justru membuat membuat pandangan investor mengenai pemberantasan korupsi di Indonesia menjadi mundur.

Di Asia Pasifik, negara terkorup adalah Indonesia, diikuti, Kamboja, Filipina, India, Thailand, dan Vietnam.

Advertisements

5 Responses to “Negara terkorup”

  1. bachgeur said

    emang c, qt ga bisa mungkirin lagi dg predikat itu,let see dg ap berbagai sinetron2 politik yang bnyak sliweran di tipi2, dg berbagai lakonnya yg korup di posisi2 yg terhormat!hiii…
    kadang kelintas pertanyaan “masih bangga ga sih lo ama negara lo??”.[jawabannya y warna-warni bgt pastinya…]
    tp, yaaah hrsny ni jd cambuk yg kuat buat qt bangkit n SADAR![kata yg kadang sulit diwujudkan dg prbuatan]heee
    klo niat n tekad kita bulet sbg individu masing2, gw pikir in our next gneration, warisan budaya “korupsi” itu g akal ada lagee….[jiaaah sotoy mode>>on.]hiii

    kalo bukan kita, siapa lagi????[huuuhh pertanyaan klasik!!!]

    Amin.

    • adhit said

      betul bgt, sejelek apapun negara kita, kita harus tetep bangga jadi warga Indonesia.
      pelan2 dan tetep optimis, semoga generasi kita dan seterusnya semoga sadar akan masalah ini.
      Coba ada Politic Hero ya..wekekekek

  2. Didik said

    Bener setuju kita harus cinta negara kita. okey ? hidup Indonesia. Babat habis orang yang membuat negara kita korup.

  3. sataz said

    menghilangkan korupsi sama dengan menghilangkan kebudayaan di indonesia….!!!

    jadi saya agak dilema harus mengeluarkan kata² hapuskan korupsi sekarang juga…!!!

    eheehehehehehee

  4. duh memang malu melihat negara kita terkorup di Asia Pasifik. MMg byk org Indonesia yg maling, termasuk di dunia Inet. Yang penting kita positif thinking aja. Biar aja orang2 lain pada korupsi & maling yang penting kita bekerja dgn jujur & mendapatkan rezeki yang halal.

    Btw Indonesia lagi getol2nya memberantas korupsi lho, sekarang ini perlahan tapi pasti korupsi akan terus berkurang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: