Adhit’s Weblog

Just another ordinary people to share something

  • Author

    Image Hosting by PictureTrail.comSaya Adhit, seseorang yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman. Asli Jogja-Indonesia, Hobby olahraga basket. Semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua dan saya menerima saran dan kritik untuk membangun blog saya lebih baik lagi.Matur Nuwun status YM
  • Achievement

  • September 2017
    M T W T F S S
    « Sep    
     123
    45678910
    11121314151617
    18192021222324
    252627282930  
  • Archives

  • Categories

  • Top Posts

  • Admin

  • Link

    _ _ _Yuk.Ngeblog.web.id_
    _
  • Subscribe

  • Home

  • Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

    Join 6 other followers

Sport & Healthy

Salam Olahraga,

Selamat datang, di page sport saya. Halaman ini akan bercerita tentang hal-hal yang berhubungan dengan olahraga terutama bakset. Mengapa? karena saya paling suka basket. Beberapa tips dan trip juga akan saya berikan disini. Semoga bermanfaat.

MALAS VS OLAHRAGA

Malas adalah musuh kita yang paling susah untuk dilawan, padahal kita tahu kalo itu baik buat kita. Olahraga, salah satu kegiatan yang kadang-kadang males (pake banget) melakukannya. Kenapa males? karena capek, berkeringat, lama, diluar panas, buang2 waktu dmbl (dan masih banyak lagi). Berdasarkan pengalaman pribadi ni, yang harus dilakukan adalah :

1. Niat, lawan rasa malas. inilah tantangan terberat kita (kunci suksesnya)

2. Lakukan lari kecil, bisa lari ditempat. Lari ditempat ini keliatannya sepele, tetapi setelah saya lakukan, keringat yang keluar banyak banget. Jangan takut bosan, karena ada solusinya. Yaitu dengarin music, jadikan music sebagai waktu kita, cukup 2 lagu saja diawal-awal. Pengalaman niy, 2 lagu aja keringat sudah banyak yang keluar lho. Lama-lama ditambah jadi 3 lagu, 4 lagu, dst. Katakanlah 4 lagu @ 3menit maka kamu sudah lari selama 12 menit. Lumayankan…

3. lakukan di pagi hari. karena udara masih segar. kalo lari ditempat bisa dilakukan dikamar aja. 12 menit sudah cukup. Jadikan rutinitas pagi hari. Dijamin dah, tubuh bakal sehat. Dan bagi yang gemuk, pasti bisa kurus. Tentu saja tidak instan, butuh proses kalo pengen kurus n pasti lebih sehat dengan olah raga.

4. kalo dah dilakuin sekali aja waktu awal-awal, pasti ketagihan besoknya. Niat juga memegang peran penting, niat untuk sehat n cari keringat pasti diperlukan.

Pola hidup sehat pasti menyenangkan, selamat mencoba.

KECILIN PERUT

Dulu aq sempet yang namanya sixpack, sixpack adalah dambaan tiap cowok. Butuh proses berbulan-bulan untuk membuild perut kaya gitu, tapi akhirnya kandas juga. Perut kembali keposisi semula alias onepack 😦 . Laki-laki memang punya musuh bebuyutan ke perut, gemana caranya ngecilin perut?padahal udah olahraga. berdasarkan pengalaman pribadiku dulu, ada beberapa hal yang ditekankan untuk ngecilin perut.

1. Sabar, karena butuh waktu 2-3 bulan supaya perut kecil (gak gembul). Jangan pengen instans aja, (mangnya mie).

2. Konsistensi berolahraga, selama 2-3 bulan itu, harus rajin berolahraga. Konsistensi memang sangat diperlukan. jangan angin-anginan, karena sama aja boong.

3. Sit up dan lari, lakukanlah sit up setiap hari diwaktu luang. Biasanya pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Kalo awal-awal pelan dulu, sekitar 40 kali dulu. Pasti rasanya kram untuk awal2nya, hal yang wajar. biasanya bakalan sakit kalo lakuin sit up lagi, nah solusinya sebelum sit up lari2 dulu (streching) biar otot-otot mengendur, katakanlah 20 menit lari. setelah itu baru sit up lagi, dijamin deh bakalan terasa ringan. kalo sudah melawati siklus itu, lakukanlah secara rutin tiap pagi n malem (pokoknya kalo lagi free dirumah) sebanyak mungkin. dalam 2 hari bisa dirasakan bedanya. perut lebih ringan….ya iyalah masa ya iya donk

4. kalo malem jangan makan, makannya sore aja. Boleh si makan, tapi jgn makan nasi ato mie, makan buah aja.

5. Sit up ma lari, itu aja olahraganya (minimal lho). rasakan bedanya setelah seminggu tapi rasakan bentuknya setelah 2-3 bulan kalo gak 4-5 bulan hehehe 🙂

Selamat mencoba, play hard, smart, with heart….ok,

Teh celup ternyata berbahaya

Berkunjung ke blog temen , ada sesuatu yang menarik untuk disimak. Sering kalo kita minum di warung, rumah, burjo, RM kita mesen es teh, karena rasanya yang sudah sangat melekat di lidah kita. karena kepraktisan, teh dikemas dalam bentuk teh celup. Ternyata teh celup itu berbahaya, kertas pembungkus tehnya tersebut mengandung klorin. info lebih lengkap ada di sini ….. dimana bisa berbahaya bagi sistem syaraf kita. Jaman dulu, orang tua membuat teh dengan yang namanya teh tubruk, pa lagi di kasih gula batu…hmmm . kenapa jaman dulu orang-orang lebih banyak yg sehat, karena salah satu minumnya teh tubruk, yang lebih alamiah tanpa bahan pengawet dan aromanya yang khas.

Bahaya Merokok

Bahaya sekali merokok, memang untuk saat ini kita belum ngerasain efek-efek negatifnya tapi dalam jangka panjang mmmm let see!!!!. Bagi para perokok, sudah saatnya kita insaf 🙂 . Memang tidak mudah caranya, harus pelan-pelan, tapi kalo gak dimulai kapan berhentinya. Dimulai dari diri kita sendiri, apakah kita sudah sadar akan pentingnya kesehatan kita, apalagi ada orang terdekat kita yang memberi kita motivasi untuk berhenti. Bahaya-bahaya merokok bisa di liat di www.stopmerokok.com , kan udah diperingatkan tu…. “merokok dapat menyebabkan kanker, impotensi,……bla bla bla”. Mulailah dari hal yang paling kecil, kebiasaaan, tidak mudah tergoda, dan selalu ingat masa depan.

Fitness dan diet yang sehat

Diet yang menunjang fitness
Kali ini..temenku request untuk ditulisin artikel tentang fitness dan diet. Boleh juga menurutku, tapi kenapa dia pengen diulasin tentang fitness and diet. Ternyata, temen saya itu sekarang lagi giat2nya membentuk badannya menjadi kotak2 kaya tahu. Nah, moga artikel ini bisa membantunya dan memberi pengetahuan bagi yang membacanya. Permasalahan dari temenku ini, dia pengen tahu gemana sih cara mendapatkan badan ideal dengan fitness dan diet. Karena temen saya ini anak kos, dia pengen tau diet yang gemana yang harus dilakukan, masa makan penyetan terus tiap hari..katanya.Setiap orang pasti mendambakan tubuh yang ideal dan sehat. Untuk mencapai tubuh yang ideal dapat diperoleh dengan olah raga tentunya selain itu juga dilakukan diet. Ngomongin badan yang ideal, ku inget badanku 2 tahun yang lalu :D. Kebetulan saya hobby basket, jadi.. sy tertarik untuk ikut club basket. Nah dimulai dari situ, dengan latihan rutin tiap minggu 3 kali, trus tiap kali latihan pasti latihan fisik terus selama setengah jam, kemudian diakhiri cooling down (sit up, push up) beberapa set. Itu dilakukan selama 2tahun, and alhasil ku memperoleh badan yang ideal dan sehat. tapi sekarang…. hiks gak usah ditanya, udah jarang basket lagi…pemasukan lebih banyak daripada pengeluaran. Untuk memperoleh badan ideal bisa dilakukan dengan banyak cara salah satunya dengan olahraga basket seperti cerita sy diatas. Karena temen saya ini kebetulan melakukan fitness, maka beberapa tips dalam melakukan fitness yang sehat.
1. Sebelum melakukan fitness diusahakan makan dulu, gk usah banyak2…yg penting perut jangan kosong.  Karena pada saat melakukan fitness, tubuh membutuhkan tenaga. Setelah makan tunggu kira 0,5-1 jam sebelum melakukan fitness, supaya makanannya sudah dicerna semua.
2. Jangan lupa minum air putih, jangan minum minuman berwarna. dan diusahakan jangan air dingin kasihan ama ototnya yg tiba2 bisa beku entar :D.
3. Jangan sampe kelebihan beban, ingat perutnya…kalo perutnya gak kuat, isi perut bisa keluar semua entar. Makanya pake ikat pinggang yang gede itu.
4. Waktu melakukan fitness gak usah terlalu dipaksa, sesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki. Perlu kesabaran.
5. Jadwal fitness diusahakan teratur, jangan cuma diawalnya saja kita semangat tetapi lama kelamaan jadi males.
6. Setelah melakukan fitness lakukanlah pendinginan selama kurang lebih 15 menit.
7. Dalam melakukan fitness jangan lupa makan makanan yang sehat memenuhi 4 sehat 5 sempurna. Terkait
hal2 yang berhubungan dengan suplemen dan amino bisa diperoleh informasinya disini.
10 tips untuk fitness sukses juga dapat diperoleh informasinya dari sini

Diet, orang mempersepsikan diet itu dilakukan dengan cara mengurangi porsi makan. Hal itu salah, diet itu adalah bagaimana kita mendapatkan tubuh yang ideal dengan cara mengatur pola makan kita. Berikut penuturan dari Ade Rai mengenai diet :

“Salah satu penyebab populer orang tidak mau diet adalah karena diet itu mahal. Dan yang lebih parah lagi, sudah dianggap mahal, makanan yang bisa dikonsumsi juga tidak enak. Orang yang memaknai makanan sebagai salah satu kenikmatan hidup tentu saja tidak welcome dengan ide diet yang seperti itu. Tetapi sebenarnya, anggapan diet itu adalah yang kita bentuk sendiri dari dalam diri kita. Kalau kita MEMILIH untuk menganggap diet itu murah dan menyenangkan, maka demikianlah adanya. Dan kalau kita MEMILIH untuk menganggap diet itu mahal dan tidak menyenangkan, maka itulah yang kita alami.

Bahan dasar makanan sehat seperti sayur-sayuran, nasi merah, gandum, kentang, ayam, telur, ikan, dan lain-lain pada dasarnya sama dengan bahan dasar makanan yang kurang sehat. Yang membedakan adalah PENYAJIANNYA (CARA MASAKNYA).

Perhatikan saja anjuran bahan makanan yang sebenarnya perlu kita batasi seperti gula, garam, tepung, mentega, minyak goreng, santan, dan margarin. Bukankah dengan mengurangi atau sampai menghindari makanan yang mengandung bahan-bahan tersebut, berarti kita telah menghemat penggunaannya? Belum lagi dengan membatasi makanan gorengan, kita juga membatasi pengeluaran kita dalam berbelanja? Bersyukur kita hidup di negeri yang subur dan kaya seperti Indonesia. Segala macam rempah-rempah bisa kita gunakan untuk meningkatkan cita rasa makanan. Pala, lada, cengkeh, lengkuas, sereh, daun salam, daun jeruk, ketumbar, kemiri, bawang merah, bawang putih, daun bawang, cabai, kunyit, jahe…semuanya tersedia berlimpah dengan harga yang sangat terjangkau.

Percayalah, saya, Anda, dan siapa saja bisa menikmati pengaturan pola makan yang lebih sehat. Dan yang lebih nikmat lagi adalah KESEHATAN dan BADAN BARU yang kita dapatkan dari menikmati pengaturan pola makan yang lebih sehat ini. Kenikmatan ini tidak akan kita temukan apabila kita hanya menuruti kenikmatan yang terbatas pada lidah.”

Sumber : andriewongso.com

Seberapa gemukkah saya???????? ini dia jawabannya……………..

Barometer gemuk tidaknya seseorang bisa dilihat dari Indeks Massa Tubuh (IMT) meskipun tidak bisa diaplikasikan kepada atlet maupun binaragawan, tetapi sangat akurat bagi individu sedenter dengan pola olahraga 2 x per minggu atau kurang.
Patokannya adalah:
Kurus   –           IMT < 20,99
Sedang –          IMT 21 – 23,99
Gemuk –          IMT 24 – 26,99
Obese –           IMT > 27
Menurut penelitian, orang yang masuk dalam kategori gemuk dan obese menghadapi risiko penyakit jantung 200%, kolesterol tinggi 180%, tekanan darah tinggi 211%, stroke 155%, meninggal lebih awal 150% daripada mereka yang masuk dalam kategori sedang.
Untuk menghitung IMT, rumusnya adalah sebagai berikut:
Berat Badan (dalam KG) : Tinggi Badan (dalam M) ^ 2
Contoh:
Bila seseorang memiliki berat badan 70 kg dengan tinggi badan 165 cm. Maka IMT-nya adalah: 70 kg : (1,65 ^ 2) = 26,08 à Gemuk!
Lalu seberapa jauhkah dirinya dari ideal?
Untuk mendapatkan indikasi seberapa jauhnya dirinya dari ideal, maka kita tinggal membalikkan rumusannya menjadi: Berat Badan Ideal = IMT Sedang x Tinggi Badan. Bagi contoh di atas, maka:
Berat Badan Ideal         = 21 s/d 24,99 x 1,65 ^ 2
= 57,2 kg s/d 65,3 kg
Maka orang tersebut ternyata sudah kelebihan berat badan sebanyak 4,7 – 12,8 kg.
Dikutip dari: andriewongso.com
atau pengen menghitung langsung pake kalkulator IMT klik sini ajah

Semoga informasi tersebut diatas bisa mengubah persepsi anda tentang diet. Mens sana en corpore sano !!!!

Mohon saran dan kritiknya…..

Advertisements

25 Responses to “Sport & Healthy”

  1. Intan said

    wee……mentang-mentang sekarang gendut lagi. Males ah, kalo lari ditempat g bisa cuci mata :p
    Punya 2 blog ni jadinya, keren keren…..hehehe

  2. adhit said

    weks, ayo olahraga…… lawan kemalasan 🙂

  3. adhit said

    keliatannya aq malas lagi nie…. masih fluktuatif, bentar lagi lawan semen gresik padahal. 😯

  4. Bowo said

    huikk, lam kenal…………

  5. ossi said

    eh dhit.. paling enak klo bisa olahraga smbl seneng2..
    hohoho.. masuk club yg bisa smbl be’gaol, ada music yg danceable, klo cape bisa ngobrol2 trus smbl cari gebetan, udah gtu ga panas lagi, tp lumayan bisa bikin keringetan… hihihi, di jkt byk tuh dhit.. x2, vertigo, dkk 😛

  6. sonoandthegank said

    wah.. gw lebi seneng senyum did.. bagi gw udah olahraga did.. gampang dan gratis..he..he..

  7. ifan said

    kang …weidzan langsung terbit artikel’e tentang fitness and diet,,wah kang tapi ana sing kurang kang…fotomu pas six pack mbok ya di lampirkan juga….hahahahha

  8. adhit said

    oh fotoku pas sickpack bisa diliat nang facebook-ku….. top tenan pokoke :p

  9. wahyu said

    saiki om adhit wis makmur jadinya gemuk deh…hehehehehe…
    pdhal dulu waktu kul S1 kayak atlet nasional lho…
    ayo kapan kiii… basket meneh…

  10. dhilacious said

    aaaaaaahh.
    olahraga kan cape..
    mendingan ga makan deh..
    ya ga??

  11. sonoandthegank said

    adit.. long time gak komen ni.. maklum dit.. koneksi lelet..
    buat wawan mending olahraga dit dibanding diet.. kasian organ tubuh.. bisa2 menderita.. ati2 kena anoreksia.. sekarang para perancang busana di dunia luar sono dah gak menggunakan model yang terlalu kurus..

    olahraga terus.. buat wawan selaen maen futsal.. paling asik olahraga di mall.. cuci mata donk.. seger.. dan menyehatkan he..he..

    tambah gendut aja kamu dit.. perutnya tambah bunder ya he..he..

  12. sindhu said

    weah..
    ayo boss kita olahraga!
    kapan nie???
    kapan???

  13. niken said

    ooo.olah raga yang enak emang di club olahraga.gak usah dijakarta,dijogja jg ada.tapi paling seneng n murah lari2 di lapangan mandala krida.gratis n banyak temannya.hehehehe

  14. ANG said

    Dit … iki aku tulung itungke … beratku sekarang 75kg tinggi 178cm, ideal nggak IMT nya?

  15. Emmy Mantik said

    Mas Adit salam kenal yach..dulu sebelum kawin berat ku 143 kg aja dengan tinggi 152 kg..Tapi pas ngelahirin anak naik dech jadi 60 kg..banyak faktor yang bikin aku pusing..1) Sekarang aq selalu merasa lapar (ngier terus lihat makanan enak), 2) nafas kadang-kadang ngos-ngosan dan 3) Baju ku yang cantik2 nggak bisa lagi di pake..gimana dunk cara yang tepat untuk mengembalikan berat badanku?? thanks ya

  16. adhit said

    salam kenal juga mbak emmy…. Mbak harus olahraga tu, dialokasikan wktu sekitar 15 menit buat olahraga pagi atau sore, ikut aerobik juga bagus… trus yang pasti pola makan dijaga, kalo liat makanan yang enak kudu bisa nahan nafsu makannya hehehe *emang susah nglakuinnya hiks hiks*
    jadi intinya jaga pola makan ama olahraga mbak, that’s all.
    saya bisa nulis kaya gini emang saya pernah dulu melakukan ini *bukan melahirkan loh*, awalnya emang berat…tapi kudu diperangi *mpe sekarang aku gak menang2 hiks*
    ok mbak gud luck, semoga baju2nya yang cantik bisa di pake lagi…

    • rizky permana said

      bos bisa sparing??rizky

  17. Ilmi Aji said

    klo saya lagi kesulitan naekin berat badan nih 😦

  18. andari said

    harus bisa hancurkan lemak

  19. sandi said

    nice blog,,,thx

    • adhit said

      thanks yaa.. sudah berkunjung

  20. rahmawati said

    mas……slam knl ea

    • adhit said

      hi, salam kenal juga… thanks ya udah mampir

  21. taufik said

    klo mw naekin berat badan gmna mas??

    • adhit said

      olahraga sama makan yang banyak yahh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: